Tags

Menarik tausiah tujuh menit yang disampaikan oleh imam muda saat jeda Isya dan tarwih di mushollah dekat rumah semalam. Saya coba mengulas kembali apa yang saya pahami terkait yang disampaikan beliau.
Dibuka dengan pertanyaan, sebenarnya yang mana sih yang benar antara Silaturahmi atau Silaturahim? Nah loo golongan manakah kita???

Dalam hati saya langsung menjawab, yah palingan sama-sama artinya bedanya itu dari bahasa Arab jadi serapan di bahasa Indonesia…dheg!

Jadi penjelasannya yaitu Sila dalam bahasa Arab diartikan sebagai menyambung sedang Rahmi adalah rasa sakit yang diderita seorang ibu yang akan melahirkan. Berarti jika kita menyebutkan bahwa saya akan bersilaturrahmi ya tau sendiri kan jawabannya? Menyambung rasa sakit yang…

Sedang Rahim itu sendiri artinya adalah kasih sayang. Jadi Silaturrahim berarti menyambung kasih sayang.

Oke pace mace, kaka ade, tete nene dorang kalo ditanya mau kemana sebaiknya sih dijawab mau Silaturahim ke rumahnya si fulan.

Next..

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌالحجرات

Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti. (QS. Al Hujurat : 13)

Pada Surah Al Hujurat ayat 13 di atas disampaikan bahwa kita dijadikan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling kenal-mengenal. Bisa dibayangkan ketika hanya ada satu suku bangsa di dunia, bisa saja kita tak akan peduli untuk mengenalinya. Hmmm..Terkait dengan Silaturrahim sudah sangat sering kita dengar tausiah maupun ceramah yang menganjurkan untuk perbanyak silaturahim. Salah satu ayat dalam Al Qur’an yaitu :

يا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ واحِدَةٍ وَ خَلَقَ مِنْها زَوْجَها وَ بَثَّ مِنْهُما رِجالاً كَثيراً وَ نِساءً وَ اتَّقُوا اللَّهَ الَّذي تَسائَلُونَ بِهِ وَ الْأَرْحامَ إِنَّ اللَّهَ كانَ عَلَيْكُمْ رَقيباً

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. ( QS. An-Nisa ; 1 )

Banyak sekali manfaat dari silaturahim ini yaitu memperpanjang usia juga menambah rejeki.

Jadi kepikiran, saya ada teman namanya Rizky dan baru saja menikah. Mungkin saja istrinya sering silaturahim jadinya dia bisa dapat si Rizky (rejeki) *krik krik krik garing ah..

Ada satu kisah riwayat seorang sahabat yang sangat suka jika didatangi oleh banyak teman untuk silaturahim di rumahnya. Dan hal itu sering terjadi namun istrinya tidak suka dgn seringnya banyak orang yang datang ke rumah mereka. Suami istri ini seringkali berdebat ketika tamu sudah pada pulang. Akhirnya sang suami curhat ke Mama Dedeh, *curhat dong maaa.. Eh salah, sahabat menceritakan hal ini kepada Rasulullah SAW bahwa dia senang jika orang datang ke rumahnya tapi istrinya tidak suka. Rasulullah menjawab, baiklah sahabat besok kami akan beramai-ramai ke rumahmu untuk bersilaturrahim.

Keesokan harinya benar rombongan rasulullah mendatangi rumah sahabat. Laiknya silaturahim dijamu dengan makanan kesukaan nabi oleh tuan rumah. Dan berjalan lancar seperti yg seharusnya. Sebelum pamit rasulullah memanggil istri sahabat kemudian menyampaikan : wahai istri sahabat, tahukah Anda keistimewaan silaturahim?…jadi ketika para tamu-tamu selesai bersilaturahim dan beranjak meninggalkan rumah tsb maka dosa-dosa yang ada atau yg telah dilakukan oleh tuan rumah ikut pergi atau berguguran. Semakin banyak dan sering rumah tersebut didatangi oleh orang untuk bersilaturahim, semakin banyak pula dosa-dosa di dalam rumah tersebut yang berguguran. Tapi ingat ya silaturahim dalam arti hal yang positif (jangan disalahartikan ke negatif yoo).

Jadi sering-seringlah bersilaturahim karena selain menambah rejeki, memperpanjang usia (berkah) juga bisa menggugurkan dosa-dosa.

Wallahualam bissawab..

Advertisements